--> Jumatan di STKIP Tamsis, Tema "Iman, Ilmu dan Amal | Poros NTB

Jumatan di STKIP Tamsis, Tema "Iman, Ilmu dan Amal

Dibaca Normal

Ustad Dr. Abdul Munir, MPd


Bima, porosntb.com-Komitmen STKIP Taman Siswa Bima membangun iklim dzikir bukan hanya lips servis. Keunggulan di bidang keagamaan ini memang menjadi fokus kampus beradab dalam menciptakan SDM yang tidak saja unggul di bidang keilmuan, tapi juga iman dan amal. 

Indikator terbangunnya iklim dzikir tersebut terurai dari berbagai kegiatan kegamaan bertajuk Bimtaq. Seperti yang dilakukan pada setiap hari Jumat adalah solat jumat bersama di Masjid Al Barokah Sudirman kampus setempat. 

Pada jum'atan kali ini, Ustadz Dr. Abdul Munir,
M.Pd menjadi khatib dengan mengangkat tema Iman, Ilmu dan Amal. Dalam khutbahnya ustad mencontohkan kasus viral seorang Pemain Bola ternama Asal Negara Portugal Yaitu, Cristiano Ronaldo yang memberikan sumbangan kepada Muslim Palestina sekitar 21.7 Miliar Rupiah. 

Pertanyaan Mahasiswi tersebut adalah Apakah sumbangan dari Cristiano Ronaldo ini yang notabene bukan seorang islam dan belum beriman kepada Allah ini diterima oleh Allah atau tidak?? 

"Mari kita lihat dan coba renungkan sebagai orang islam, Sumber hukum Utama kita Al-Qur'anul Karim. Dalam Surah Al Mujadilah dalam potongan Ayat 11. Niscaya Allah akan mengangkat (derajat) orang-orang yang beriman di antaramu dan orang-orang yang diberi ilmu beberapa derajat. Dan Allah Mahateliti apa yang kamu kerjakan," ujarnya dalam kutipan isi khutbah. 

Ada tiga point penting yang bisa diambil dari ayat yang mulia di atas. Pertama Iman, Kedua Ilmu dan Ketiga Amal. 

Di dalam diri manusia ketika dia sudah faham akan makna  keberadaan nya di muka bumi ini sebagai manusia, maka ia tidak boleh terlepas dari tiga hal penting yaitu iman,ilmu dan amal. 




Ketika ada manusia yang mengaku sebagai manusia lalu tidak beriman maka dia tidak layak untuk berada di muka bumi ini. Dan inilah yang disebut dengan orang kaafir,fasik dan munafik.
Maka iman harus ada dalam diri manusia. 

Tapi beriman saja tidak cukup. Percaya adanya tuhan,malaikat,nabi,hari akhir dan hal hal yang ghaib tidak cukup hanya dengan Iman saja. 

Maka Iman itu baru benar keberadaanya ketika harus didukung dengan Ilmu. 

Allah berfirman dalam Qur'an Surah Al Isra Ayat 36 "Walaa taqfu maa laysa laka bihi ‘ilmun" 

"Dan janganlah kamu mengikuti apa yang kamu tidak mempunyai pengetahuan tentangnya" 

Ketika kita sholat harus dengan ilmu dan melakukan amalan amalan lainya baik dunia lebih2 akhirat haruslah berdasarkan Ilmu. 

Tiga komponen ini haruslah ada dan tidak boleh dipisahkan apalagi hilang. 

Iman kuat tapi tidak didasarkan dengan ilmu maka batal. 

Ilmu tinggi tapi tidak disertai  dengan beriman kepada Allah juga percuma. 

Demikian juga Iman Mantap,Ilmu tinggi tapi tidak direalisasikan dalam amalan maka akan sia-sia. 

Sehingga ketiga indikator ini haruslah ada dan tidak bisa dipisahkan, Iman yang kuat haruslah dilandasi dengan ilmu yang benar dan ilmu baru bermanfaat dan ada gunanya bila direalisasikan dalam bentuk Amalan Ibadah. 

Sehingga inilah jawaban atas pertanyaan Mahasiswi diatas bagaimana status Pemberian Infak atau Hadiah Cristiano Ronaldo yang notabene belum beriman kepada Muslim Palestina.

Jadi sebesar apapun sumbangan,sebaik apapun akhlaknya seseorang kalau dia belum beriman kepada Allah maka akan ditolak oleh Allah SWT karena tidak memenuhi ketiga syarat di atas tadi. 

Ibarat Mahasiswa jika ingin menjadi mahasiswa dan mendapatkan Ijazah maka ia haruslah mendaftarkan diri dulu sebagai mahasiswa dan orang yang terdaftar inilah yang bisa mendapatkan Ijazah atau gelar sarjana. 

Tidak sembarang orang bisa mendapatkan Ijazah dan gelar sarjana walaupun ilmu lebih hebat dari mahasiswa yang kuliah, kalau dia belum mendaftar kan diri sebagai mahasiswa dan ikut kuliah maka ia tidak bisa mendapatkan ijazah. 

Demikian juga dengan Cristiano Ronaldo diatas meskipun dia memberikan sumbangan yang banyak kepada Masyarakat yang notabene sangat membutuhkan pada saat itu, akan tetapi karena dia belum mendaftar diri sebagai orang beriman maka tidak diterima oleh Allah SWT. 

Jadi iman, ilmu dan amal haruslah ada dan tidak boleh terpisahkan apalagi terlepas dlm diri kita sebagai manusia. 

Teruslah belajar dan belajar, belajar tidak mengenal usia dan tidak ada batasannya " menuntut ilmu dari buaian hingga ke liang lahat.
IMAN-ILMU & AMAL harus ada dalam diri manusia.

KeIMANan yang Kokoh didukung oleh ILMU yang Benar dan direalisasikan dalam bentuk AMAL ibadah adalah syarat diterimanya Amal oleh Allah SWT. (*) 

COMMENTS

Nama

#Corona,124,arena,41,Bandara,7,Bansos,45,Bawaslu,17,bhakti sosial,29,bima,2393,bima iptek,4,Bima Pemerintah,81,Bima Pemerintahan,47,Bima: Pemerintah,5,bima. Pariwisata,3,Bjayangkari,1,Coro,1,Corona,88,Covid-19,29,Curanmor,3,Daerah,1,Demonstrasi,2,des,1,Desa,53,dompu,134,Editorial,2,ekbis,207,Ekonomi,1,Ekonomi.,4,Eksbis,1,enterpreneur,1,event,1,explore,2,featured,98,Hoax,1,huk,2,hukrim,643,huksrim,3,hukum,1,Humaniora,1,HUT RI,1,inspiratif,1,iptek,29,Keagamaan,15,keamanan,7,kebudayaan,1,Kecelakaan,2,kejadian dan peristiwa,2,kemanusiaan,4,kepegawaian,1,kependudukan,10,kepolisian,91,Kesehatan,126,Kesenian,1,ketenagakerjaan,2,Kodim,15,Kominfo,5,Konflik,1,Korupsi,11,kota bima,159,KPU,3,KSB,2,lingkungan,103,lombok,109,Mataram,82,miras,1,Narkoba,8,Nasional,9,NTB,1,olahraga,24,Opini,50,Pariwisata,81,Pelayanan Publik,13,pembangunan,23,pembangunan.,2,pemerintah,37,Pemerintah.,1,pemerintahan,451,Pemerintahan.,6,Pemprov,3,Pemprov NTB,143,pendidikan,370,pendidikan.,8,Perbankan,1,Perguruan Tinggi,3,perhubungan,7,perisstiwa,45,peristiwa,413,peristuwa,1,Perjudian,2,persitiwa,6,Pertamina,2,pertanian,34,Peternakan,3,politik,272,Politik.,9,Prahara,12,Prestasi,22,Provinsi,1,puisi,1,regional,3,religi,32,religius,43,Sains,1,SAJAK,1,seni,1,SKCK,1,sosbud,191,Sosial,42,Sosok,2,SUDUT PANDANG,1,sumbawa,20,Tajuk,2,Tekhnologi,2,TKI,5,TNI,1,transportasi,4,travel,5,Tribrata,1,Vaksinasi,3,video,17,
ltr
item
Poros NTB: Jumatan di STKIP Tamsis, Tema "Iman, Ilmu dan Amal
Jumatan di STKIP Tamsis, Tema "Iman, Ilmu dan Amal
https://lh3.googleusercontent.com/-muFA4Xozzow/YVadsjh9PNI/AAAAAAAARwk/tMSQ-boM4JMbQtDBhqJDizwtkR2OAi2WwCLcBGAsYHQ/s1600/IMG-20211001-WA0023.jpg
https://lh3.googleusercontent.com/-muFA4Xozzow/YVadsjh9PNI/AAAAAAAARwk/tMSQ-boM4JMbQtDBhqJDizwtkR2OAi2WwCLcBGAsYHQ/s72-c/IMG-20211001-WA0023.jpg
Poros NTB
https://www.porosntb.com/2021/09/jumatan-di-stkip-tamsis-tema-ilmu-dan.html
https://www.porosntb.com/
https://www.porosntb.com/
https://www.porosntb.com/2021/09/jumatan-di-stkip-tamsis-tema-ilmu-dan.html
true
2479742407306652642
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy Table of Content