Dari 352, Baru 250 Pelamar yang Daftar CPNS, Sekda : Jangan Tergoda Rayuan Calo


Bima, Poros NTB.- Berdasarkan data di Badan Pegawai  Daerah (BKD) Kabupaten Bima per 2 Oktober, baru 250 pelamar yang terdaftar menjadi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) dari 352 formasi yang dijatah.

Sedikitnya pelamar yang mendaftar ini lebih disebabkan karena padatnya pengunjung situs pendaftaran, sehingga sulit diakses.

Karena itu, untuk Provinsi NTB, pendaftaran CPNS diperpanjang hingga 15 Oktober 2018 baik dari jalur umum maupun K2.

Boleh dibilang Kabupaten Bima sendiri beruntung kali ini. Awalnya “hanya” 240 formasi yang diusulkan, tapi Pemerintah Pusat memberi lebih. Yakni 352 formasi.

Banyaknya formasi ini, membuat banyak pula para Calo yang berpetualang mencari mangsa.

Sekda Kabupaten Bima, Drs HM. Taufik HAK, meminta kepada para pelamar CPNS agar jangan sampai menjadi mangsa para calo yang mengaku bisa  memuluskan mereka lolos menjadi CPNS.

“Semua itu bohong belaka. Karena semua hasil soal ujian tes akan diperiksa di pusat,” ujarnya.

Kendati himbauan Sekda benar adanya, namun tak sedikit yang menganggapnya retorika, dan masih ikut pusingan dadu yang digulir Calo CPNS.

Apalagi para Calo ini, bukan hanya “orang luar”, tapi juga “orang dalam”.

Seperti mencuatnya kasus dugaan penipuan oleh calo yang berstatus pengawas SMP.

Korbannya pun bukan sembarang orang, bahkan ada yang berstatus guru.

Pengakuan seorang guru yang  menjadi korban  penipuan, pelaku mengaku atas perintah orang pusat yang berjanji bisa meloloskan para pelamar CPNS dengan perjanjian harus dibayar 100 juta untuk ijazah SMA dan 150 juta untuk Ijazah Sarjana.

Uangpun disetor. Nyatanya janji pelaku tak kunjung wujud.


Percayalah, banyak calo yang hanya sekedar mengadu untung. Menjaring mangsa sebanyaknya. Yang lulus murni tapi kebetulan sudah setor uang, dianggapnya dilicinkan. Sebaliknya, syukur-syukur uang kembali. Tapi kebanyakan hangus. (Edo)
Labels: ,

Posting Komentar

[facebook]

Author Name

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.