Banner iklan disini Banner iklan disini

Dosen STKIP Tamsis Ikuti Bimtek Penyusunan Proposal Hibah

Ketua STKIP Tamsis (tengah) diapit dua orang reviewer nasional.

Bima, porosntb.com-Sebanyak 60 dosen di STKIP Taman Siswa Bima mengikuti pelatihan penyusunan proposal hibah (bantuan), yang digelar kampus setempat, Jumat (17/5/19). Kegiatan itu bertujuan untuk meningkatkan kapasitas dosen dalam menjalankan Tri Dharma Perguruan tinggi terutama dalam bidang pengabdian kepada masyarakat.
Dalam kegiatan itu, para peserta diberikan pengetahuan tentang mekanisme penyusunan  proposal permohonan dana hibah dalam penyelenggaraan pengabdian kepada masyarakat. Karena  saat ini Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia (Kemensitek Dikti RI) telah menyediakan banyak dana yang akan dihibahkan bagi para dosen yang ingin melakukan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat.
Untuk mendapatkan dana hibah tersebut, para tenaga pengajar di perguruan tinggi (Dosen) harus membuat proposal yang memenuhi aturan dan syarat yang ditentukan oleh pihak Kemensitek Dikti, dan  itu akan dipelajari dalam pelatihan tersebut.
"Seperti penelitian dosen terpadu, skim penelitian dosen pemula dan kerjasama," ungkap reviewer nasional Dr Gunawan MSi dari Universitas Mataram (Unram) yang menjadi pemandu Bimtek tersebut. 
Dalam kesempatan itu, Dr Gunawan berharap dengan adanya pelatihan para dosen itu dapat meningkatakan jumlah penerima dana hibah pengabdian kepada masyarakat.  
"Saya perlu profil kepakaran teman-teman disini. Targetnya tahun ini bisa tercapai. Ada skim baru yang bisa didapat seperti nominal dana yang lebih banyak," terangnya. 
Diungkapkan, Kemensitek Dikti saat ini tengah menyediakan banyak bantuan dana hibah untuk para dosen yang ingin menjalankan tri dharma perguruan tinggi. Salah satunya pengabdian kepada masyarakat. Jadi sayang kalau hal tersebut tidak dimamfaatkan oleh dosen-dosen di kampus setempat.
Diakui, bahwa potensi para dosen di STKIP Taman Siswa Bima sangat besar untuk mendapatkan dana tersebut. Terbukti, selama tiga tahun beruntun selalu ada peningkatan penerimaan hibah. Inilah yang menjadi tujuan dilaksanakannya bimtek tersebut. 
"Kami lakukan ini di kampus-kampus mitra, agar dapat mendampingi tentang persiapan penyusunan proposal judul maupun skema, apakah sudah cocok atau tidak. Sehingga tahun depan tingkat kecapaian hibah di STKIP Taman Siswa lebih meningkat lagi," ujarnya. 

Kegiatan yang dilaksanakan di aula lembaga tersebut dibuka secara langsung oleh Ketua STKIP Taman Siswa Bima Dr Ibnu Khaldun Sudirman MSi.  
Ibnu mengungkapkan dukungan atas kegiatan yang dilaksanakan LP2M tersebut. Pihakanya berharap dengan kegiatan tersebut dapat meningkatkan kualitas para dosen di lingkungan kampus yang nantinya akan berhak menerima dana hibah dari Kemensitek Dikti dalam melakukan pengabdian kepada masyarakat.
Diakui, LP2M sendiri sudah mengawali hal ini dengan melaksanakan coaching clinic proposal tiga jenis. Mulai PKPT, Penelitian dasar dan penelitian terapan. "Doktor Gunawan ini punya komitmen untuk peningkatan atau percepatan peningkatan SDM PTS di Pulau Sumbawa. Seluruh kampus diarahkan untuk penelitian. Karena nyata kontribusinya," terbang Doktor jebolan UI ini.
Ditambahkan, para dosen akan dibekali ilmu bagaimana meningkatkan kemampuan dalam melaksanakan penelitian dan pengabdian masyarakat dalam rangka mendapatkan hibah penelitian dan hibah pengabdian masyarakat. 

"Dengan peningkatan penelitian tersebut, tentu produk-produk penelitian yang dihasilkan dapat dipakai oleh pemerintah dan masyarakat. Sehingga dapat meningkatkan produktivitas-produktivitas dari pemanfaatan hasil-hasil penelitian," pungkansya. (Poros07)






Posting Komentar

[facebook]

Author Name

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.