Dandim 1608 Bima Perpanjang SIM, Kasat Lantas : Masyarakat Harus Mencontoh Beliau

Kasat Lantas Polres Bima, Iptu Agus Pujianto, S.Pd (kiri), dan Dandim 1608 Bima, Letkol Infanteri Bambang Kurnia Eka (kedua dari kiri) usai melakukan perpanjangan SIM
Bima, Poros NTB.- Kepala Satuan Lalu Lintas (Kasat Lantas) Polres Bima, Iptu Agus Pujianto, S.Pd, mengingatkan kepada masyarakat agar jangan lupa sesekali melihat masa berlaku kartu Surat Ijin Mengendara yang dimiliki. Karena bisa saja SIM yang kita kantongi tanpa kita sadari ternyata telah habis masa berlakunya

Dalam sejumlah giat operasi atau razia gabungan yang digelar, tercatat beberapa pengendara terpaksa harus menerima surat tilang lantaran alpa memeriksa masa berlaku SIM yang dimilikinya.

Terkadang kita memang kerap terserang lupa, jika SIM tidak layaknya KTP yang masa berlakunya seumur hidup. Melainkan hanya berlaku selama 5 tahun.

Agus juga meminta masyarakat agar jangan merasa berat memperpanjang SIM, dengan alasan, “Ribet”. Karena dalam mengurusnya, kata dia, tidaklah seribet yang dibayangkan.

Kalaupun karena alasan tertentu, merasa enggan mendatangi langsung Satgas di Gerai SIM Polres Bima. Msyarakat bisa melakukannya secara online.

Karena untuk diketahui, Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri telah membuat terobosan baru. Yakni layanan membuat SIM online. Pada terobosan ini, masyarakat dapat membuat atau melakukan perpanjangan SIM secara lebih mudah.

Selain itu, yang menarik adalah pendaftaran SIM online dapat dilakukan tidak berdasarkan domisili. Proses pendaftaran harus menggunakan e-KTP dengan pembayaran melalui ATM atau EDC.

Sementara, waktu yang tepat untuk memperpanjang SIM, menurut Agus, sebaiknya dilakukan jauh-jauh hari, yakni sekitar sebulan sebelum masa belaku SIM habis.

“Masyarakat perlu mencontohi Pak Dandim (1608) Bima, Pak (Letkol Infanteri) Bambang Kurnia Eka Putra. Beliau tak lupa memperpanjang Samart SIM, sebulan sebelum masa berlakunya habis,” ujar Kasat Lantas yang dilantik pada penghuung Tahun 2018 lalu menggantikan posisi IPTU Putu Gede Caka P. R, S.I.K yang dirotasi ke Kabupaten Sumbawa Barat.

“Iya, jangankan masyarakat biasa, Pak Dandim saja ngurus perpanjangan SIM,” tukasnya lagi, Jum’at (4/10/19) kemarin.

Namun bedanya, Jum’at kemarin, merupakan hari yang spesial bagi TNI. Karena memanfaatkan momentum HUT TNI ke-74 yang jatuh hari Sabtu ini, Tanggal 5 Oktober 2019. Jum’at kemarin Polres Bima membuka “Stan Pelayanan SIM” gratis bagi anggota TNI.

“SIM gratis untuk TNI, sebagai “kado” HUT TNI ke-74. Tapi hanya berlaku untuk hari ini (Jum’at). Selewatnya, harus membayar seperti biasa.” kata Agus sembari tersenyum lebar.

Ini juga, lanjut Agus, sebagai contoh tertib berlalulintas, baik untuk anggota maupun masyarakat.

Sementara itu Komandan Kodim (Dandim) 1608 Bima, Letkol Infanteri Bambang Kurnia Eka, mengucapkan terima kasihnya kepada Polri atas “kado” SIM gratis untuk anggota TNI di HUTnya yang ke-74.

“Terima kasih kepada Polri, ini adalah sesuatu yang istimewa bagi anggota TNI,” ungkap dandim, di ruang kerjanya, Jum’at (4/10/19) kemarin.   

Tapi yang pasti kata dia, memperpanjang SIM adalah sesuatu yang harus dilakukan.

“Saya selalu  memperpanjang SIM, kebetulan saja kemarin gratis karena bentuk penghargaan Polri untuk TNI yang akan merayakan HUT ke-74, besok (Sabtu),” pungkasnya. (Poros06)
Labels: ,

Posting Komentar

[facebook]

Author Name

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.