--> BEM Rema STKIP Tamsis Bedah Buku Karya Edy Suparjan | Poros NTB

BEM Rema STKIP Tamsis Bedah Buku Karya Edy Suparjan

Views


Bima, porosntb.com - Lagi, Badan Eksekutif Mahasiswa Republik Mahasiswa (BEM Rema) STKIP Tamsis Bima membuat gebrakan. Jika sebelumnya adalah dialog kepemudaan, kali ini merupakan kegiatan bertajuk penguatan literasi. Adalah bedah buku yang berjudul Pendidikan Sejarah untuk Membentuk Karakter Bangsa. "Kegiatan ini diselenggarakan oleh Koordinator BEM-REMA STKIP Taman Siswa Kampus II. Penulis Buku Pendidikan Sejarah untuk membentuk Karakter bangsa yang sedang dibedah itu adalah Edy Suparjan, M.Pd," ujar Kabag Humas STKIP Tamsis Bima, Muhammad Ajwar, M.Pd., saat dihubungi via seluler, Kamis (9/1/2020).
Buku itu secara garis besar menjelaskan tentang karakter tokoh bangsa. Yang nantinya, dapat digunakan untuk diinternalisasikan di dunia pendidikan. Baik untuk guru maupun untuk Mahasiswa. "Pembanding Bedah Buku adalah Taufik, SH. MH. Beliau dianggap cocok dengan tema buku yang dibedah," tegasnya.
Saat menyampaikan pembandingan, ada beberapa catatan yang disampaikan pembedah. Diantaranya adalah memberikan masukan kepada penulis bahwa muatan nilai Maja Labo Dahu harus dipertajam dan bisa dipraktekkan oleh guru dalam ruangan kelas.
"Saya sangat mengapresiasi kegiatan bedah buku tentang Pendidikan Sejarah dalam membentuk Karakter Bangsa ini. Kegiatan ini di Buka Oleh Ketua STKIP Tamsis. Kata Pak Ketua, sangat engapresiasi dan mendukung kegiatan bedah buku ini, dan harus menjadi tradisi kampus (STKIP, red) Taman Siswa. Kedepannya diharapkan lahir penulis penulis baru yang progresif," papar Azwar (sapaan akrab) mengutip isi sambutan Dr. Ibnu Khaldun Sudirman, M.Si.
Dirinya berharap, melalui kegiatan tersebut, dapat memberikan motivasi dan inspirasi bagi mahasiswa dan masyarakat pada umumnya. Selain motivasi menulis, juga diharapkan dapat menggenjot agar gemar membaca pada millineal. "Mudah mudahan kegiatan Bedah Buku Sejarah ini akan selalu diselenggarakan oleh adik adik BEM di setiap tahunnya," ingin Kabag Humas. 
Alfa Riski selaku koordinator BEM-Rema STKIP Tamsis Bima Kampus 2, mengaku kegiatan tersebut dalam rangka membentuk kesadaran akademisi. Selain itu, juga dalam upaya untuk menghasilkan peradaban baru di kampus melalui pemahaman sejarah.
"Kami berupaya semaksimal mungkin dalam mengembalikan fungsi kampus sebagai tempat berlangsungnya kontestasi gagasan. Menghadirkan Kesadaran-kesadaran rasional mahasiswa akan dampak-dampak sosiologis dari keberadahan sejarah. Juga sebagai mahluk yang berpikir, pengetahuan dan pemahaman tentang sejarah akan menjadikan manusia sebagai mahluk yang membentuk karakter yang bernilai produktif bagi kehidupanya," paparnya.
Sementara, Edy Suparjan, M.Pd., sebagai pemateri sekaligus penulis buku mengaku menerima banyak masukan hingga kritik. Diantaranya, sebagai masukan dari pembanding mengenai karakter tokoh bangsa. Pembanding menginginkan karakter tokoh bangsa tersebut agar bisa diformulasikan secara tehnis prakteknya di kelas. "Saya menjawab, buku ini hanya sebagai konsep dasar yang memiliki muatan nilai nilai karakter dalam pendidikan sejarah. Selanjutnya guru guru sejarah harus menginternalisasikan karakter tokoh tersebut ke dalam diri mereka sehingga bisa diterapkan dalam startegi belajar dalam kelas dan disesuaikan dengan RPP," urai sosok yang kerap disapa Edy.
Selain dari pembanding, sejumlah mahasiswa yang hadir juga ikut memberikan saran. Dirinya menginginkan, sebenarnya peserta harus mengkritik kekurangan kekurangan buku yang saya tulis seperti, layout, cover, sistematika buku serta isi yang mungkin tidak sesuai dengan judul dan mengapa harus ada tokoh Douwes Dekker kenapa bukan Cokroaminoto sebagai guru bangsa. 
"Penulis masih mengharapkan kritikan integral bagi perbaikin buku Pendidikan Sejarah untuk membentuk Karakter Bangsa. Sehingga buku tersebut dapat direvisi dan bermanfaat bagi Mahasiswa calon guru maupun guru sejarah sendiri," ingin Edy. (*)

Penulis : Humas STKIP Tamsis Bima
Editor : Edo

COMMENTS

Nama

#Corona,108,arena,36,Bandara,6,Bansos,12,Bawaslu,9,bhakti sosial,20,bima,1990,bima iptek,4,Bima Pemerintah,81,Bima Pemerintahan,47,Bima: Pemerintah,5,bima. Pariwisata,3,Coro,1,Corona,33,Covid-19,20,Curanmor,3,Demonstrasi,1,des,1,Desa,50,dompu,49,Editorial,2,ekbis,188,Ekonomi,1,Ekonomi.,4,enterpreneur,1,featured,81,hukrim,441,huksrim,3,hukum,1,Humaniora,1,iptek,20,Keagamaan,15,keamanan,7,kebudayaan,1,Kecelakaan,1,kemanusiaan,4,kepegawaian,1,kependudukan,9,kepolisian,5,Kesehatan,108,Kesenian,1,ketenagakerjaan,2,Kodim,6,Konflik,1,Korupsi,11,kota bima,105,KPU,2,lingkungan,85,lombok,103,Mataram,43,miras,1,Narkoba,6,Nasional,4,NTB,1,olahraga,24,Opini,47,Pariwisata,76,pembangunan,22,pembangunan.,2,pemerintah,37,Pemerintah.,1,pemerintahan,412,Pemerintahan.,5,Pemprov,3,Pemprov NTB,143,pendidikan,330,pendidikan.,7,Perbankan,1,Perguruan Tinggi,2,perhubungan,7,perisstiwa,30,peristiwa,293,Perjudian,2,persitiwa,3,Pertamina,2,pertanian,33,Peternakan,3,politik,203,Politik.,9,Prahara,12,Prestasi,19,Provinsi,1,puisi,1,regional,1,religi,9,religius,40,SAJAK,1,seni,1,sosbud,181,Sosial,39,Sosok,1,SUDUT PANDANG,1,sumbawa,19,Tajuk,1,Tekhnologi,2,TKI,5,transportasi,2,travel,5,video,5,
ltr
item
Poros NTB: BEM Rema STKIP Tamsis Bedah Buku Karya Edy Suparjan
BEM Rema STKIP Tamsis Bedah Buku Karya Edy Suparjan
https://1.bp.blogspot.com/-nWZ4YQB4Efw/XhlFxxfhr0I/AAAAAAAAHRw/IVfYPDkVopwuatk_Vh4QM-0ALnS-6d1YgCLcBGAsYHQ/s640/0_IMG-20200110-WA0015.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-nWZ4YQB4Efw/XhlFxxfhr0I/AAAAAAAAHRw/IVfYPDkVopwuatk_Vh4QM-0ALnS-6d1YgCLcBGAsYHQ/s72-c/0_IMG-20200110-WA0015.jpg
Poros NTB
https://www.porosntb.com/2020/01/bem-rema-stkip-tamsis-bedah-buku-karya.html
https://www.porosntb.com/
https://www.porosntb.com/
https://www.porosntb.com/2020/01/bem-rema-stkip-tamsis-bedah-buku-karya.html
true
2479742407306652642
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy Table of Content