--> Mr. Leo Dibalik Gaung Go Internasional STKIP Tamsis | Poros NTB

Mr. Leo Dibalik Gaung Go Internasional STKIP Tamsis

Views

Mr. Leo (Almamater Merah) 


STKIP Taman Siswa Bima telah menjelma menjadi perguruan tinggi swasta terkemuka di Pulau Sumbawa. Kampus pendidikan kebanggaan masyarakat Bima itu, kini telah menobatkan dirinya sebagai salah satu kampus yang sudah Go Internasional. Ini ditandai dengan berbagai kerjasama dengan kampus-kampus mancanegara seperti Malaysia dan Filipina. Bahkan, belum lama ini dosen dan mahasiswanya sudah melakukan kunjungan belajar di PICOMS Malaysia. Kesuksesan STKIP Tamsis Bima di kancah internasional tak lepas dari peran seorang dosennya yang begitu gesit dan lihai dalam menjalin komunikasi dan meyakinkan publik mancanegara akan eksistensi STKIP Tamsis. Dia adalah Mr Leo, ketua Prodi Pendidikan Bahasa Inggris sekaligus penyambung lidah kampus setempat. Berikut profil singkatnya. 


Penulis : Edo Rusadin 

Menjadi penyambung lidah alias juru bicara tentu bukanlah orang sembarangan. Harus memiliki kecakapan berkomunikasi, pengalaman dan tentunya berwawasan luas. Karena apa yang disampaikan akan mempengaruhi persepsi umum tentang lembaga itu sendiri. Peran Jubir sangatlah penting karena harus mampu menyesuaikan diri dengan kebutuhan penerima informasi. Selain itu, juru bicara juga dituntut memiliki sikap tegas agar pernyataan yang disampaikan tidak simpang siur.

Inilah peran Mr Leo dalam "mengendors" STKIP Tamsis Bima di dunia internasional. Dosen bahasa Inggris bernama lengkap Ramli, M.Pd ini menjadi ujung tombak kampus setempat di hadapan kampus-kampus mancanegara. Arollano Universty Filipina, Our Lady of Fatimah University Filipina, PICOMS Malaysia, dan UPSI Malaysia adalah kampus-kampus mitra STKIP Tamsis Bima yang terjalin karena seorang Mr. Leo sebagai "Sang Promotor" serta dibalut oleh tangan dingin Ketua STKIP Tamsis Bima Dr Ibnu Khaldun Sudirman MSi. Sehingga universitas terkemuka di dua negara itu mau menjajaki kerjasama dengan kampus setempat. 

Karena kepiawaiannya dalam meramu bahasa yang indah di hadapan petinggi kampus mancanegara, membuat Mr Leo diangkat menjadi Kepala Kantor Urusan Internasional (KUI) STKIP Tamsis Bima sekaligus menjadi pimpinan tim lima yang berkesempatan belajar di Malaysia selama dua pekan, beberapa waktu lalu.

Kampus yang didirikan Drs H Sudirman MSi ini patut berterima kasih kepada Mr Leo. Tak bisa dipungkiri, jika peranannya di garda terdepan telah mamantik perhatian dunia luar dan mampu membangun opini positif dan kepercayaan dari para petinggi kampus mancanegara. Kerja keras magister pendidikan di Universitas Negeri Makassar ini patut diapresiasi dan diacungi jempol. Berkat konsistensinya, membuat kampus setempat dikenal luas hingga saat ini. Gaung STKIP Tamsis Go Internasional yang kini melekat, adalah bagian dari buah pikirannya yang didukung penuh dari sang Ketua STKIP Tamsis Bima.

Sejak bergabung dengan Kampus Merah pada 2017 lalu, Mr Leo telah membekali diri dengan pengalaman yang mumpuni di segala bidang, khususnya kegiatan berskala internasional. Seperti, menjadi N-1 Adjudicator terbaik berturut-turut selama tiga tahun dalam ajang National University English Debating Champhionship, mulai 2017, 2018 dan 2019. 

Teranyar, pria yang sebentar lagi akan dikaruniai seorang momongan ini mengisi Kuliah Tamu dengan materi Public Speaking di PICOMS International University College. Juga menjadi Invited Speaker dalam International Conference in Sciencies, Technology, Education and Management (InSTEM) yang dihelat di PICOMS International University College.

“Awal bergabung di kampus ini, diamanahi sebagai kepala pengelola Laboratorium Bahasa Inggris. Kemudian menjadi Sekretaris Prodi Pendidikan Bahasa Inggris. Selang setahun, menjadi Kaprodi Bahasa Inggris. Dan, juga ikut membantu menjadi penyambung komunikasi kampus dengan beberapa Perguruan Tinggi Luar Negeri, dan juga mempromosikan Kampus Merah di kancah internasional,” ujarnya.

Untuk terus bekerja sebagai media informasi kampus ke level internasional, pria 32 tahun ini juga mendapatkan tugas sebagai Kepala Kantor Urusan Internasional (KUI) STKIP Tamsis Bima. Dengan adanya KUI, kampus beralmamater merah maron tersebut berhasil menjadi bagian dari kegiatan International yaitu International Inbound Mobility Program 2020 dengan PICOMS International University College.

“Semenjak bergelut menjadi dosen, kegiatan-kegiatan positif tetap dilakukan karena itu passion. Contohnya sering diundang oleh sekolah-sekolah untuk menjadi Juri Lomba Debate yang diadakan di lingkup Kota dan Kabupaten Bima, membawakan Orasi Ilmiah dalam kegiatan lomba-lomba di sekolah dan dalam kegiatan kepemudaan, mendirikan club belajar bahasa Inggris  yang disebut Language Clinic di kampus, serta aktif membina siswa sekolah menengah atas dalam debat Bahasa Inggris,” sebut Mr Leo.
Terkait genre penelitian, pemilik senyum tipis ini mengaku fokus pada Discourse Analysis. Dirinya juga pernah mempresentasikan salah satu paper dengan judul, Language and Gender In EFL Classroom saat mengikuti International Conferenece di Malaysia.

Tertarik Debat Sejak Kecil

Siapa sangka masalah debat sudah diminati suami dari Ria Rachmatul Istiqomah M.I.Kom ini sedari kecil. Saat duduk di bangku sekolah dasar hingga sekolah menengah acap kali mewakili sekolah dalam beberapa kegiatan  lomba cerdas cermat, membaca puisi, pidato dalam bahasa Inggris dan Bahasa Indonesia dan debate bahasa Inggris. Karena pengalaman tersebut, saat kuliah Mr Leo aktif di sejumlah organisasi kemahasiswaan.

“Semenjak kuliah, saya kerap mewakili kampus dalam beberapa kegiatan lokal sampai nasional. Bidang dalam aspek bahasa yang paling diminati adalah bebat bahasa Inggris dan Indonesia. Dan, pernah mewakili kampus untuk mengikuti lomba debat tingkat nasional setelah melewati seleksi regional. Passion lain yang saya minati dan digeluti adalah Publik Speaking, dan sering diundang untuk menjadi pemateri pada organisasi-organisasi di kampus, maupun kegiatan Rohis dan SMA," bebernya. 

Disamping aktif di organisasi internal kampus, pria berkacamata ini juga aktif di organisasi-organisasi islam dan menjadi fasilitator (instruktur) dalam beberapa kegiatan training. Selain itu, sejak semester V, anak ke lima dari enam bersaudara itu sudah menjadi asisten dosen di Universitas Muhammadiyah Makassar.

Menurut dia, menjadi unik adalah barang langka. Menjadi unik selalu mengundang perhatian. "Apalagi, unik dan anti main-stream dalam hal postif dan baik, itulah yang menjadi way of life saya. Selalu menyibukkan diri dengan hal positif sampai lupa untuk melihat hal negatif dari orang lain," tutupnya. (*)

COMMENTS

Nama

#Corona,121,arena,36,Bandara,7,Bansos,28,Bawaslu,13,bhakti sosial,20,bima,2159,bima iptek,4,Bima Pemerintah,81,Bima Pemerintahan,47,Bima: Pemerintah,5,bima. Pariwisata,3,Coro,1,Corona,58,Covid-19,24,Curanmor,3,Demonstrasi,2,des,1,Desa,53,dompu,99,Editorial,2,ekbis,200,Ekonomi,1,Ekonomi.,4,enterpreneur,1,explore,2,featured,89,hukrim,509,huksrim,3,hukum,1,Humaniora,1,HUT RI,1,iptek,24,Keagamaan,15,keamanan,7,kebudayaan,1,Kecelakaan,1,kemanusiaan,4,kepegawaian,1,kependudukan,10,kepolisian,9,Kesehatan,116,Kesenian,1,ketenagakerjaan,2,Kodim,14,Konflik,1,Korupsi,11,kota bima,120,KPU,3,KSB,2,lingkungan,95,lombok,106,Mataram,58,miras,1,Narkoba,7,Nasional,5,NTB,1,olahraga,24,Opini,49,Pariwisata,79,pembangunan,22,pembangunan.,2,pemerintah,37,Pemerintah.,1,pemerintahan,427,Pemerintahan.,5,Pemprov,3,Pemprov NTB,143,pendidikan,352,pendidikan.,8,Perbankan,1,Perguruan Tinggi,3,perhubungan,7,perisstiwa,41,peristiwa,334,Perjudian,2,persitiwa,6,Pertamina,2,pertanian,34,Peternakan,3,politik,242,Politik.,9,Prahara,12,Prestasi,20,Provinsi,1,puisi,1,regional,2,religi,16,religius,41,SAJAK,1,seni,1,SKCK,1,sosbud,184,Sosial,41,Sosok,1,SUDUT PANDANG,1,sumbawa,20,Tajuk,2,Tekhnologi,2,TKI,5,transportasi,2,travel,5,video,5,
ltr
item
Poros NTB: Mr. Leo Dibalik Gaung Go Internasional STKIP Tamsis
Mr. Leo Dibalik Gaung Go Internasional STKIP Tamsis
https://1.bp.blogspot.com/-xIPKflveYco/Xn1rUa8j6wI/AAAAAAAAHlE/oALHKJn4IWgKaZX2dO1nfC51PpGxPtT9ACLcBGAsYHQ/s640/IMG-20200326-WA0001.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-xIPKflveYco/Xn1rUa8j6wI/AAAAAAAAHlE/oALHKJn4IWgKaZX2dO1nfC51PpGxPtT9ACLcBGAsYHQ/s72-c/IMG-20200326-WA0001.jpg
Poros NTB
https://www.porosntb.com/2020/03/mr-leo-dibalik-gaung-go-internasional.html
https://www.porosntb.com/
https://www.porosntb.com/
https://www.porosntb.com/2020/03/mr-leo-dibalik-gaung-go-internasional.html
true
2479742407306652642
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy Table of Content