--> Mobil Listrik Buatan NTB Membanggakan, Penyempurnaan Kendaraan Terus Dilakukan | Poros NTB

Mobil Listrik Buatan NTB Membanggakan, Penyempurnaan Kendaraan Terus Dilakukan

SHARE:

Dibaca Normal

Mataram, porosntb.com– Gubernur NTB, Dr. H. Zulkieflimansyah telah memperkenalkan salah satu terobosan program industrialisasi Pemprov NTB berupa pembuatan kendaraan listrik. Ada beberapa type kendaraan listrik yang dikembangkan oleh putra-putri NTB. Roda empat, roda tiga dan roda dua. Masing-masing peruntukannya untuk mendukung aktifitas ekonomi, pariwisata dan transportasi.
Gubernur NTB bersama istri Hj. Niken Saptarini Widyawati, SE, M.Sc pada Sabtu (6/6/2020) kemarin telah melakukan uji coba terhadap mobil listrik ini di Kantor Dinas Perindustrian Provinsi NTB. Gubernur memuji mobil listrik ini yang nyaman dan tidak berisik. “Mobil listrik ini seperti mobil golf, tanpa suara dan tanpa polusi,” kata Gubernur.
Menurutnya, meskipun kendaraan ramah lingkungan ini masih butuh penyempurnaan, namun hasil karya ini merupakan sesuatu yang sangat luar biasa. Kendaraan ini sangat cocok untuk mendukung pariwisata NTB karena ramah lingkungan. “Dengan motor dan mobil listrik, lingkungan kita akan tetap terjaga asri dan lestrasi.” terangnya.
Sementara itu Kepala Dinas Perindustrian Provinsi NTB, Hj. Nuryanti, SE, ME mengatakan, mobil listrik ini merupakan hasil Bimtek Dinas Perindustrian yang bekerjasama dengan SMKN 1 Lingsar dan lima Industri Kecil Menengah (IKM) di daerah ini. Mereka telah mendapatkan pelatihan yang intensif agar skill yang dimiliki mampu mendukung mobil listrik yang sudah dicanangkan oleh Gubernur tersebut.
Selain dengan SMKN 1 Lingsar, Universitas Teknologi Sumbawa (UTS) juga menjadi mitra untuk pengembangan industri otomotif di NTB.
Ia mengatakan, kendaraan ini masih dalam tahap penyempurnaan. Sehingga jika muncul saran dan masukan terhadap kendaraan ini akan menjadi bahan perbaikan,” Sehingga nantinya akan keluar prototype resmi kendaraan ini,” ujarnya.
Nuryanti mengatakan, saat ini masih dalam proses penyiapan infrastruktur lintas sektor. Misalnya Dinas Perindustrian menyiapkan kendaraan, Dinas Perhubungan yang bertanggung jawab terhadap standarisasi kendaraan, PLN menyiapkan infrastruktur energi, dan pihak terkait lainnya.
“Hasil diskusi kami dengan PLN bahwa PLN juga memiliki rencana untuk membangun kawasan transportasi hijau. Bagaimana menyediakan pengisian daya di sepanjang gardu-gardu listrik yang ada di NTB. Jadi dukungan PLN seperti itu nantinya,” kata Nuryanti.
Selain komunikasi dengan PLN untuk penyediaan pengisian daya, energi terbarukan juga sedang dipersiapkan sebagai energi alternatif alat transportasi listrik ini.
Ia menambahkan, pihaknya secara bertahap menyiapkan SDM untuk pembuatan mobil listrik ini dan mulai merintis pola pabrikasinya. Artinya setiap IKM akan menyiapkan satu jenis komponen tertentu. “ Ada IKM yang bagiannya merakit, ada IKM yang memproduksi onderdil dan lain sebagainya,” katanya.
Sementara itu, Irwan Aditya Jaya, M. Eng, salah seorang perakit mobil listrik ini mengatakan, sejak NTB diumumkan telah mampu memproduksi kendaraan listrik, pesanan mulai mengalir. “Ada 100 unit dari PT. GNE, tinggal difinalkan. Ada 10 unit pesanan dari Dinas Koperasi dan UMKM NTB, dan ada 3 unit dari perorangan di Dompu,” kata Irwan.
Irwan mengatakan, untuk kendaraan roda empat yang dibuat, adalah kolaborasi dari lima pelaku IKM, diantaranya IKM permesinan, IKM logam, IKM konstruksi, kelistrikan. Seluruhnya adalah IKM binaan Dinas Perindustrian Provinsi NTB.
Mobil listrik yang dibuat saat ini mampu mengangkut beban hingga 3 kuintal. Kapasitas maksimal baterainya hingga 70 Km. dengan kecepatan maksimal 55 Km/jam. Mobil listrik ini bisa difungsikan untuk mengangkut dua orang di kursi belakang. Diharapkan dapat dimanfaatkan di dalam kawasan Mandalika, Lombok Tengah.
Selain untuk pariwisata, kendaraan listrik ini juga dapat difungsikan sebagai lapak berjalan. Desain dapat disesuaikan. Bisa juga dijadikan alat pengangkut sampah. Irwan mengatakan, untuk satu mobil listrik, menghabiskan biaya hingga Rp50 juta. Jika dirakit, butuh waktu dua hari. Dengan catatan, seluruh komponen telah tersedia.
Untuk memenuhi permintaan yang masuk ini, ia mengatakan pihaknya terus mempersiapkan komponen-komponen yang dibutuhkan, bekerjasama dengan IKM-IKM penyedia komponen lainnya. Perakitan dilakukan di bengkelnya, di Narmada, Lombok Barat.(*) 
Sumber Humas Pemprov NTB

COMMENTS

Nama

#Corona,124,ABRI,1,arena,54,Bandara,7,Bansos,52,Bawaslu,17,bhakti sosial,38,bima,2676,bima iptek,4,bima. Pariwisata,3,Bjayangkari,1,Coro,1,Corona,88,Covid-19,29,Curanmor,3,Daerah,1,Demonstrasi,2,des,1,Desa,53,dompu,134,Editorial,2,ekbis,223,Ekonomi,1,Ekonomi.,4,Eksbis,1,enterpreneur,1,event,1,explore,2,featured,122,Hoax,3,huk,2,hukrim,714,huksrim,3,hukum,1,Humaniora,1,HUT RI,1,inspiratif,1,iptek,30,Keagamaan,15,keamanan,8,kebudayaan,1,Kecelakaan,3,kehilangan,1,kejadian dan peristiwa,2,kemanusiaan,4,kepegawaian,1,kependudukan,12,kepolisian,168,Kesehatan,134,Kesenian,1,ketenagakerjaan,2,Kodim,15,Kominfo,5,Konflik,1,Korupsi,11,kota bima,296,KPU,3,KSB,2,lingkungan,115,lombok,109,Maklumat,2,Mataram,92,miras,1,Narkoba,8,Nasional,15,NTB,1,olahraga,24,Opini,50,Pariwisata,81,Pelayanan Publik,13,pembangunan,25,pembangunan.,2,pemerintahan,786,Pemilu,1,Pemprov,3,Pemprov NTB,143,pendidikan,397,pendidikan.,8,Perbankan,1,Perguruan Tinggi,3,perhubungan,7,perisstiwa,47,peristiwa,468,peristuwa,1,Perjudian,2,persitiwa,6,Pertamina,2,pertanian,40,Peternakan,3,politik,282,Politik.,9,Prahara,12,Prestasi,34,Provinsi,1,puisi,1,regional,5,religi,53,religius,43,Sains,1,SAJAK,1,seni,1,SKCK,1,sosbud,193,Sosial,42,Sosok,6,SUDUT PANDANG,1,sumbawa,20,Tajuk,2,Tekhnologi,2,TKI,5,TNI,1,transportasi,4,travel,5,Tribrata,1,Vaksinasi,25,video,18,warta bawaslu,1,
ltr
item
Poros NTB: Mobil Listrik Buatan NTB Membanggakan, Penyempurnaan Kendaraan Terus Dilakukan
Mobil Listrik Buatan NTB Membanggakan, Penyempurnaan Kendaraan Terus Dilakukan
https://1.bp.blogspot.com/-vtIYNK5k21c/Xw8il9H9wHI/AAAAAAAAIxk/NtjgTccJqE8ZLqowYvgbwubfpfKk_WDXACLcBGAsYHQ/s640/IMG-20200606-WA0015.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-vtIYNK5k21c/Xw8il9H9wHI/AAAAAAAAIxk/NtjgTccJqE8ZLqowYvgbwubfpfKk_WDXACLcBGAsYHQ/s72-c/IMG-20200606-WA0015.jpg
Poros NTB
https://www.porosntb.com/2020/06/mobil-listrik-buatan-ntb-membanggakan.html
https://www.porosntb.com/
https://www.porosntb.com/
https://www.porosntb.com/2020/06/mobil-listrik-buatan-ntb-membanggakan.html
true
2479742407306652642
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy Table of Content